Pemerintah Daerah Diminta Tegas Menegakkan Aturan Pelarangan Mudik Lebaran
search

Pemerintah Daerah Diminta Tegas Menegakkan Aturan Pelarangan Mudik Lebaran

Zona Barat
Jubis Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito. Foto: Merdeka.com/Net.

Politeia.id -- Pemerintah meminta kepala daerah di tingkat provinsi dan kabupaten/kota turut berkomitmen menegakkan aturan pelarangan mudik Lebaran tahun ini.

Hal itu merujuk pada Surat Edaran Kepala Satgas Covid-19 No. 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik pada Bulan Ramadhan dan Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah selama 6-17 Mei 2021.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito mengingatkan, aturan tersebut memuat tentang prasyarat yang harus dipenuhi para pelaku perjalanan dalam negeri sebelum tanggal 6 Mei 2021.

Karena itu, pemerintah daerah diminta menegakkan aturan yang ditetapkan pemerintah dalam penanganan Covid-19 selama bulan suci Ramadan dan perayaan Idul Fitri.

"Saya minta kepada seluruh pemerintah daerah untuk menegakkan surat edaran satgas ini dengan tegas dilapangan. Agar tidak terjadi penularan karena peningkatan mobilitas penduduk, yang akan menimbulkan kerumunan," ujar Wiku saat memberikan keterangan pers perkembangan penanganan Covid-19 di Graha BNPB, Kamis (15/4).

Wiku menegaskan, masyarakat yang melakukan perjalan sebelum atau sesudah tanggal 6-17 Mei, tetap menjunjung prinsip kehati-hatian.

"Karena virus ini dapat mengancam kita di mana saja dan kapan saja," kata Wiku.

Ia juga meminta kepada seluruh masyarakat dan pemerintah daerahnya untuk memantau perkembangan wilayah masing-masing. Dan optimalkan posko untuk peningkatan kualitas penanganan.

"Saya terus mendorong kepada seluruh daerah untuk terus meningkatkan penanganan Covid-19 terutama di tengah implementasi kebijakan PPKM Mikro yang semakin luas cakupannya. Semoga perkembangan terus menunjukkan perbaikan dan semakin merata di seluruh Indonesia," pungkas Wiku.

Wiku menjelaskan bahwa dalam sepekan ini telah terjadi penurunan jumlah kasus positif dan jumlah kasus kematian. Pada penambahan kesembuhan memang menurun, namun ini dikarenakan jumlah penambahan kasus positif yang terus menurun.

"Saya ingin mengapresiasi ini. Karena penurunan kasus positif dan kematian, adalah hal yang harus terus kita pertahankan," katanya.

Tag:

comments