Doni Monardo: Tetap Paksa Mudik Bisa Berakibat Fatal
search

Doni Monardo: Tetap Paksa Mudik Bisa Berakibat Fatal

Zona Barat
Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo saat memberi arahan dalam Rapat Koordinasi Penanganan Covid-19 berdama jajaran Pemprov Sumatra Utara di Rumah Dinas Gubernur Sumut, Medan, Selasa (20/4). Foto: Politeia/BNPB.

Politeia.id -- Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan bahwa memaksa mudik dan melepas kerinduan bersama keluarga pada masa pandemi Covid-19 seperti saat ini dapat menimbulkan sesuatu yang tragis.

Hal itu dikatakan Doni di sela Rapat Koordinasi Penanganan Covid-19 bersama Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dan jajaran Pemprov Sumut di Rumah Dinas Gubernur Sumut, Medan, Selasa (20/4).

"Mohon bersabar jangan pulang kampung dulu. Kerinduan terhadap keluarga bisa menimbulkan hal yang tragis," ujar Doni dalam keterangan tertulis yang diterima Politeia.id.

Dalam rapat, Doni kembali menegaskan agar aturan Pemerintah Pusat terkait peniadaan mudik Idul Fitri tahun ini dapat dipatuhi masyarakat demi mencegah terjadinya penularan Covid-19.

Lebih lanjut, Doni menjelaskan bahwa upaya Pemerintah Pusat untuk melarang mudik semata-mata untuk keselamatan bersama.

Pemerintah harus dapat menjamin keselamatan rakyatnya, karena hal itu merupakan hukum tertinggi.

"Peniadaan mudik untuk kepentingan bersama agar bangsa kita bisa terhindar dari Covid-19," tandasnya.

Doni memahami bahwa kerinduan akan kampung halaman dan sanak saudara meliputi seluruh masyarakat sehingga mendorong untuk melakukan silaturahmi sekaligus merayakan hari Raya Idul Fitri.

Namun, kembali lagi seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa bertemu keluarga melalui aktivitas mudik sangat berpotensi terjadinya penularan virus Covid-19.

Apabila masyarakat tetap memaksakan dirinya mudik, maka dapat berakibat fatal dan berujung kematian, khususnya bagi mereka yang menderita komorbid.

Doni menegaskan agar aktivitas mudik dan bertemu keluarga dapat ditiadakan dan kerinduan ditahan untuk sementara waktu.

"Kerinduan kepada orang tua agar ditahan; harus dicegah dulu. Karena kalau tidak peristiwa seperti tahun yang lalu terulang kembali," ucapnya.*

Tag:

comments