Dugaan Kecurangan Surat Suara Coblos Ganjar-Mahfud di Malaysia, KPU Kirim Tim Investigasi
search

Dugaan Kecurangan Surat Suara Coblos Ganjar-Mahfud di Malaysia, KPU Kirim Tim Investigasi

Zona Barat
Tangkap layar video viral yang memperlihatkan surat suara sudah tercoblos Ganjar-Mahfud di Malaysia (Politeia.id)

Politeia.id - Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) bergerak cepat menanggapi beredarnya video viral yang menunjukkan dugaan kecurangan surat suara di Tempat Pemungutan Suara Luar Negeri (TPSLN) Malaysia. Video tersebut memperlihatkan beberapa orang mencoblos surat suara untuk pasangan calon presiden-wakil presiden nomor urut 3, Ganjar-Mahfud.

"Kami akan mengirim tim untuk melakukan pendalaman terhadap semua informasi terkait pelaksanaan pemungutan suara di Malaysia, baik pemungutan suara pos maupun kotak suara keliling," ujar komisioner KPU RI, Idham Holik, dalam pernyataannya kepada wartawan pada Rabu, 7 Februari 2024.

Idham menegaskan bahwa pihaknya akan segera memeriksa kondisi tersebut, mengingat KPU belum dapat memastikan keaslian surat suara yang telah tercoblos tersebut.

"Tim yang akan diturunkan ke Perwakilan Republik Indonesia (PPLN) Malaysia akan bertugas untuk konfirmasi lebih lanjut. Kami akan mengonfirmasi secepatnya," tambah Ketua Divisi Teknis KPU RI.

Sebelumnya, Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran telah mengungkap dugaan kecurangan surat suara di TPSLN di Malaysia. Wakil Ketua TKN, Habiburokhman, mengungkapkan bahwa surat suara tersebut telah tercoblos.

"Kami ingin menyampaikan ekspos terkait informasi yang menurut kami cukup meyakinkan, yaitu dugaan kecurangan yang sangat-sangat kasat mata terjadi di luar negeri, yaitu Malaysia, di TPSLN Malaysia," kata Habiburokhman pada Selasa kemarin.

Habiburokhman kemudian menampilkan video yang menunjukkan dugaan kecurangan tersebut. Dia menjelaskan bahwa video tersebut diperoleh dari seorang warga.

Dalam video tersebut, terlihat sejumlah individu membuka plastik yang berisikan surat suara. Mereka terlihat mencoblos surat suara tersebut di bagian gambar pasangan calon nomor urut 3, Ganjar-Mahfud.

"Kami mendapat informasi yang sangat dipercaya bahwa terdapat aktivitas pencoblosan secara ilegal terhadap ribuan surat suara untuk pemilihan luar negeri di Malaysia. Informasi tersebut didukung dengan bukti foto dan video yang menunjukkan sejumlah individu melakukan pencoblosan surat suara legislatif untuk partai dan calon anggota legislatif tertentu," ujar Habiburokhman, yang juga merupakan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra.

 
 

Tag:

comments