Pimpinan DPR hingga Lintas Komisi Ikut Suntik Vaksin Nusantara
search

Pimpinan DPR hingga Lintas Komisi Ikut Suntik Vaksin Nusantara

Zona Barat
Sejumlah anggota DPR RI melakukan proses penyuntikan dendritik imunologi Vaksin Nusantara, Kamis (22/4/2021). Foto: Politeia.id/Ist

Politeia.id -- Dukungan DPR RI terhadap proses penyuntikan dendritik imunologi vaksin Nusantara terus mengalir. Kali ini, pimpinan DPR Sufmi Dasco Ahmad disuntik dendritik Nusantara oleh mantan menteri kesehatan Terawan Agus Putranto.

Dasco menceritakan proses sebelum disuntik dendritik vaksin Nusantara. Proses itu dimulai dengan pencocokan darah.

"Hari ini saya mengambil, apa... disuntik dendritik imunologi Nusantara. Saat ini sedang pencocokan pada saat saya diambil darah itu kita diberikan barcode untuk kemudian ketika disuntikkan barcode itu dicocokkan dengan darah kita yang sudah diambil untuk diproses dendritik," kata Dasco video yang dibagikan kepada wartawan, Kamis (22/4),

Sebelum pencocokan darah, Dasco menjalani cek tekanan darah, suhu darah, hingga saturasi. Kemudian, Dasco siap disuntik dendritik Nusantara.

Dalam video berdurasi 2 menit 44 detik itu, Dasco, yang mulanya terlihat sendiri, kemudian didampingi dr Terawan, yang bersiap-siap melakukan penyuntikan.

"Saat-saat yang dinantikan oleh saya sendiri, terutama, saat-saat akan disuntik dendritik imunologi Nusantara," ucap Dasco.

"Bapak, izin ini nomor 104," sebut Terawan dijawab Dasco `cocok`. Terawan kemudian menyuntikkan dendritik imunologi vaksin Nusantara tersebut.

Wakil Ketua Komisi IX DPR Melki Laka Lena mengatakan, selain Dasco, terdapat sejumlah anggota DPR yang disuntik vaksin COVID-19 tadi siang. Mereka ialah Ketua Fraksi PAN Saleh Daulay, anggota Komisi IV Firman Subagyo, anggota Komisi IX Anas Tahir, anggota Komisi IX Saniatul Lativai, hingga Adian Napitupulu.

"Rombongan DPR RI ada Pak Sufmi Dasco Achmad Wakil Ketua DPR RI dan rombongan DPR RI lintas komisi. Wakil Ketua DPR Pak Dasco, Saleh Daulay Ketua fraksi PAN dan istri, saya dan istri, Pak Firman Subagyo dan istri, Pak Anas Tahir dan istri, Saniatul Lativa dengan anak dan nanti, Sri Meliyana, Arzeti Bilbina, Nihayatul Wafiroh dan anak, Robert Kardinal, Adian Napitupulu dan istri," kata jelas Melki.

"Sejauh ini saya dan semua teman plus keluarga yang disuntik tadi baik-baik saja," kata Melki.

Vaksin Nusantara memang tengah menjadi polemik. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku mendukung segala bentuk penelitian untuk penanganan pandemi COVID-19.

Jokowi menegaskan pemerintah akan selalu mendukung siapa pun yang melakukan riset, pengembangan, dan penelitian dalam upaya memutus mata rantai COVID-19. Siapa pun, kata dia, dipersilakan melakukan penelitian.

Jokowi pun meminta kegaduhan terkait vaksin Nusantara dihentikan. Menurutnya, seharusnya penelitian tentang COVID-19 ini berada di ranah ilmiah, bukan jadi perdebatan politik.

Tag:

comments