Rizieq Shihab Tiba, Pilot Gagal Terbang hingga Fasilitas Bandara Soetta Rusak
search

Rizieq Shihab Tiba, Pilot Gagal Terbang hingga Fasilitas Bandara Soetta Rusak

Zona Barat
Massa dari berbagai daerah memadati akses tol menuju bandara Soekarno Hatta di Tangerang, Banten, Selasa, 10 November 2020. Mereka bertujuan menjemput kedatangan Habib Rizieq Shihab (HRS). ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Politeia.id--Pilot maskapai di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) gagal terbang lantaran akses tol menuju Bandara Soetta lumpuh karena kepadatan massa penyambut pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab, Selasa (10/11).

Hal itu dialami Fajar, salah satu pilot maskapai penerbangan swasta di Indonesia. Ia mengaku menggunakan kereta untuk menuju Bandara Soekarno-Hatta.

“Biasanya gue mah naik jemputan dari rumah di Duren Sawit. Cuma jemputan crew sekarang pada lewat Tangerang turun di M1 terus disuruh naik Damri. Gue mager akhirnya pakai kereta saja,” kata Fajar mengutip Kompas.com, Selasa (10/11) pagi.

Fajar berencana menggunakan kereta bandara dari Stasiun Manggarai ke Bandara Soekarno-Hatta lantaran melihat temen-temannya sesama pilot yang menggunakan mobil terjebak di tol sejak pukul 04.00 WIB.

Fajar sendiri akan menerbangkan pesawat ke Lampung dari Bandara Soekarno-Hatta pukul 15.00 WIB. “Sebagai flight crew sih gue rugi waktu dan tenaga, juga teman-teman akhirnya banyak yang batal terbang karena enggak sampai di bandara,” tambah Fajar.

Rekan Fajar juga ada yang memilih untuk melanjutkan perjalanan ke Bandara Soekarno-Hatta dengan angkutan ojek motor. Biaya ojek yang dibayarkan, lanjut Fajar, hingga Rp 300.000.

Sementara itu, PT Angkasa Pura II memberikan informasi bahwa empat maskapai penerbangan melakukan reschedule atau jadwal ulang penerbangan hari ini, Selasa (10/11).

"Maskapai yang telah mengonfirmasi dapat dilakukan reschedule atau refund adalah Lion Air, Batik Air, Garuda Indonesia, dan Citilink," ujar Plt Senior Manager Branch & Communication Bandara Soekarno-Hatta Haerul Anwar, Selasa.

Haerul juga menjelaskan Bandara Soekarno-Hatta saat ini menyesuaikan dan merekayasa lalu lintas di sekitar bandara terkait kerumunan penjemput pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab.

Sebelumnya, akses tol menuju Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten lumpuh total jelang kedatangan pemimpin organisasi masyarakat (Ormas) Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab.

Rizieq mendarat di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Banten, sekitar pukul 09.00 WIB. Sejumlah simpatisan FPI berkumpul di sekitar bandara guna menyambut kedatangan Rizieq.

Namun, berbagai kerusakan akibat massa yang berdesakan tak bisa dihindari. Beberapa fasilitas mulai dari tanaman hias, bangku, hingga outlet simcard bandara di sekitar Terminal 3 terpantau rusak. Mengutip Republika, hal itu dikarenakan mayoritas massa yang mendapat tempat jauh dari hall Terminal 3 memilih mencari lokasi tinggi dan memanjatnya untuk melihat dan menyapa HRS.

Namun di akhir penjemputan, sejumlah orang terlihat membawa kantung sampah dan memungut sampah di sekitarnya. Hingga berita ini dibuat, pihak pengelola bandara belum bisa dihubungi untuk dimintai tanggapan.

Berdasarkan pantauan, HRS disambut dan dikawal dengan teriakan takbir. Tak ada ucapan atau orasi dari HRS saat ketibaannya. Hanya lambaian tangan untuk menyapa simpatisan yang datang sejak hari sebelumnya. Ia pun bergegas pulang ke kediamannya di Petamburan.

Dalam kedatangan HRS ke Indonesia, kepolisian dan tentara memang tampak bersiaga. Namun, simpatisan yang jumlahnya mencapai puluhan ribu tak terbendung dalam berebut mengambil gambar HRS.

Tag:

comments