Soekanto, Kapolri Pertama Indonesia Dapat Gelar Pahlawan Nasional
search

Soekanto, Kapolri Pertama Indonesia Dapat Gelar Pahlawan Nasional

Zona Barat
Kapolri RI Pertama Indonesia, Jenderal Polisi (purn) Said Soekanto Tjokrodiatmodjo (Historia)

Politeia.id--Kapolri RI Pertama Indonesia, Jenderal Polisi (purn) Said Soekanto Tjokrodiatmodjo merupakan satu dari enam tokoh yang dianugerahi gelar pahlawan nasional pada peringatan 10 November 2020.

Polri beserta keluarga besar merasa bangga akan dianugerahkannya gelar pahlawan nasional kepada Jenderal Pol Raden Said (R.S.) Soekanto Tjokrodiatmodjo.

"Polri beserta segenap keluarga besar sangat bangga atas dianugerahkannya gelar pahlawan nasional kepada Jenderal Pol Raden Said Soekanto," kata Kadiv Humas Polri Irjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono di Jakarta, Selasa (10/11).

Menurut dia, Jenderal Soekanto adalah sosok Kapolri yang berperan meletakkan struktur dasar, watak dan falsafah Kepolisian RI.

"Pemikiran dan tindakan R.S. Soekanto dalam meletakkan fundamen struktur, watak, falsafah sebagai bangunan Kepolisian Nasional yang dibutuhkan bagi sebuah negara merdeka dan berdaulat di tengah ancaman terhadap integritas RI di masa revolusi, perang, dan pergolakan internal dalam negeri merupakan remembered history," tutur Argo.

Soekanto menjabat sebagai Kapolri sekitar 15 tahun antara 1945 hingga 1959. Semasa hidup, ia dikenal sebagai pribadi sederhana yang tegas dan disiplin. Sifat ini tidak lepas dari pendidikan sang ayah, R. Motomihardjo yang keras dan disiplin. Kala itu, sang ayah merupakan seorang Pamong Praja.

Keberadaan sosok R.S. Soekanto sebagai tokoh bangsa ini menurut Argo tampak jelas dari pergumulannya dengan lingkungan diri dan dialognya dengan sejarah.

"Kehadiran Soekanto telah membawa warna dan pengaruh yang harus diingat dan dicatat sebagai bagian dari perjalanan sejarah bangsa Indonesia," kata Argo.

Pada Selasa, bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan, Presiden Joko Widodo akan menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada sejumlah tokoh termasuk Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo, Kepala Kepolisian RI (Kapolri) pertama.

Menurut informasi yang disiarkan di laman resmi Polri, Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo dilantik oleh Presiden Soekarno menjadi Kepala Kepolisian Negara pada 29 September 1945.

Pada Pemerintahan Darurat RI yang diketuai Mr Sjafrudin Prawiranegara berkedudukan di Sumatera Tengah, jawatan Kepolisian dipimpin KBP Umar Said (tanggal 22 Desember 1948).

Raden Said Soekanto kemudian diangkat kembali sebagai Kepala Jawatan Kepolisian Negara Republik Indonesia Serikat berdasarkan hasil Konferensi Meja Bundar antara Indonesia dan Belanda yang menghasilkan pembentukan Republik Indonesia Serikat.

Dia tetap menjabat sebagai Kepala Kepolisian Negara setelah pembentukan negara kesatuan pada 17 Agustus 1950 dan pemberlakuan UUDS 1950.

Jenderal yang lahir di Bogor, Jawa Barat, pada 7 Juni 1908 tersebut menjabat sebagai orang nomor satu di Polri selama 14 tahun sampai 14 Desember 1959.

Sebagai pemimpin pertama kepolisian, Raden Said Soekanto berperan besar dalam penataan organisasi kepolisian. Dia sudah mulai menata organisasi kepolisian di seluruh wilayah Indonesia pada masa revolusi fisik.

Waktu kedudukan Polri kembali ke Jakarta, bekas kantor Hoofd van de Dienst der Algemene Politie di Gedung Departemen Dalam Negeri digunakan sebagai markas karena Polri belum punya kantor.

Raden Said Soekanto kemudian merencanakan kantor sendiri di Jalan Trunojoyo 3, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan dengan sebutan Markas Besar Djawatan Kepolisian Negara RI (DKN) yang menjadi Markas Besar Kepolisian sampai sekarang.

 

 

Tag:

comments