Benny K Harman Raih Penghargaan Best Freedom of Speech
search

Benny K Harman Raih Penghargaan Best Freedom of Speech

Zona Barat
Anggota Badan Legislasi (Baleg) DPR RI dari fraksi Partai Demokrat: Benny K Harman. Foto: Politeia.id/dpr.go.id

Politeia.id--Politisi senior Partai Demokrat, Benny K Harman meraih best freedom of speech pada ajang penghargaan yang disemarakkan bersama dengan Hari Sumpah Pemuda, Rabu (28/10).

Penghargaan ini diberikan oleh Teropong Senayan bersama beberapa delapan orang politisi lain seperti Lamhot Sinaga, Irwan, Yorrys Raweyai, Herman Khaeron, Syariefuddin Hasan, Alien Mus, Yaqut Cholil Qoumas, Mardani Ali Sera dan Yorrys Raweyai dari DPD RI.

Benny yang akrab disapa BKH itu merasa terhormat dengan penghargaan yang diberikan Teropong Senayan tersebut. BKH berkomitmen untuk terus menyuarakan kepentingan-kepentingan rakyat.

"Rakyat itu harus berdaulat. Kita sebagai wakil rakyat hanya melaksanakan apa yang menjadi mandat dari rakyat. Tidak boleh digadaikan oleh kepentingan apapun", ucap politisi dari NTT itu.

Karena itu, BKH yang dimasukan ke dalam Teladan Demokrasi 2020 versi Teropong Senayan itu, mengatakan bahwa nurani dan akal sehat harus menjadi sumber spirit yang perlu dimiliki oleh semua anggota dewan untuk menggerakan perjuangan sebagai manusia dan pejabat publik demi Indonesia yang lebih baik.

"Nurani yang bening dan logika akal sehat harus bisa mengalahkan kepentingan-kepentingan sesaat. Jangan pernah digadaikan demi uang dan kekuasaan. Keduanya harus menjadi obor yang menyalakan kegelapan," ujarnya.

Di internal Demokrat sendiri, sikap kritis Benny diakui Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Putra Sulung Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu menyebut Benny sebagai macan parlemen. Hal itu diungkapkan AHY untuk mengapresiasi BKH yang memimpin fraksi Demokrat melakukan aksi walk out dari ruangan sidang paripurna UU Cipta Kerja, Senin (5/10).

"Ini Pak Benny K. Harman (BKH) yang sempat trending topic semalam," kata AHY dalam unggahanya di akun Instagram pribadinya @agusyudhoyono, Rabu (7/10).

Memanggil Benny dengan sebutan "Bang BKH", AHY mengaku jika politisi asal Manggarai, NTT itu merupakan mitra diskusinya. Ia juga memperkenalkan BKH sebagai politisi senior merangkap Wakil Ketua Umum Partai Demokrat.

"Berasal dari NTT, yang sering disebut sebagai macan Parlemen karena keberaniannya untuk menyuarakan aspirasi Rakyat di DPR RI," kata AHY memuji BKH.

Siapa Benny K Harman?

Dikutip dari laman Wiki DPR, Benny Harman merupakan anggota Komisi III dari daerah pemilihan NTT I. Ia menjabat sebagai anggota di Komisi III yang menangani Hukum, HAM, dan Keamanan.

Pria yang lahir di Flores, 19 September 1962 ini menyelesaikan pendidikan S1 jurusan Hukum di Universitas Brawijaya, Malang tahun 1987. Kemudian, di tahun 1997 ia mengambil magister Hukum di Universitas Indonesia.

Di tahun 2006, ia kembali mengambil pendidikan Doktor dari fakultas Hukum Universitas Indonesia. Sebelum lolos ke Senayan, Benny K Harman diketahui aktif di Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI).

Kemudian, ia juga pernah berkecimpung di dunia jurnalistik dengan menjadi wartawan media cetak untuk bidang Hukum. Namun, ia harus menutup buku saat menjabat sebagai koordinator reportase karena diberhentikan.

"Pada saat itu saya diberhentikan karena dianggap menjadi aktor intelektual demo pada tanggal 27 Juli 1997. Pemred saat itu mengembargo saya" kata dia usai menjadi pembicara dalam diskusi publik bertajuk `Demokrasi dan Konstitusionalisme, di The Sultan Hotel, Jakarta, Rabu (20/10) lalu.

Setelah itu, Benny K Harman sempat juga menjadi pengacara hingga akhirnya memutuskan untuk maju ke Senayan dari Partai Demokrat di tahun 2004.

Tag:
comments