Sumur Minyak Pertamina di Muarojambi Meledak dan Terbakar
search

Sumur Minyak Pertamina di Muarojambi Meledak dan Terbakar

Zona Barat
Ilustrasi kebakaran. Foto: Pixabay

Politeia.id--Sumur minyak milik Pertamina yang berada di Desa Lopak Alai, Kabupaten Muarojambi meledak dan terbakar pada Rabu (14/10) sekitar pukul 17.30 WIB.

Hasil pantauan Antara di lokasi kejadian masih ada empat mobil pemadam kebakaran milik Pertamina dan Damkar Muarojambi yang melalukan pemadaman api namun belum diketahui apakah ada korban dalam kejadian tersebut.

Sementara itu Kapolsek Kumpeh Ulu, AKP Rafisal di lokasi kejadian mengatakan, kejadian kebakaran itu terjadi pada pukul 17.30 WIB dimana dengan terdengarnya empat kali ledakan yang diduga berasal dari sumur bor minyak milik Pertamina yang sedang dilakukan pembersihan atau service oleh pihak Pertamina.

Menurut saksi mata pada awalnya terdengar ledakan pertama dan kemudian disusul api yang membakar dan disusul lagi tiga kali ledakan sehingga api terus membesar.

Beberapa jam kemudian mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi dan langsung memadamkan api yang terus membesar membakar sumur bor tersebut.

Saat ini pihak kepolisian masih berkoordinasi dengan Pertamina untuk melakukan pemadaman dan penanganan lebih lanjut di lokasi kejadian yang berada tepat RT 05 Desa Lopak Alai, Kabupaten Muarojambi yang berjarak 20 Km dari pusat Kota Jambi.

Sementara itu dari Pertamina EP Jambi Field menyatakan pihaknya telah berhasil menangani kebakaran di lokasi PPS-01 di Desa Lopak Alai Kabupaten Muarojambi.

Tim penanganan keadaan darurat PT Pertamina EP Asset 1 Jambi Field (PEP Jambi) berhasil memadamkan api di lokasi sumur PPS-01, Kabupaten Muaro Jambi, kata Governmet and Public Relation Assistant Manager PT Pertamina EP Asset 1, Fikri Fardhian.

Dia mengatakan dengan mengerahkan tiga unit fire truck dan satu unit fire jeep, api berhasil dipadamkan pada pukul 19.25 WIB.

Tim medis yang berada di lokasi langsung melakukan penanganan terhadap satu orang kru yang mengalami luka bakar dan korban dilarikan ke rumah sakit.

Pengamanan dan monitoring sumur pun terus dilakukan untuk memastikan lokasi betul-betul aman dan tidak membahayakan lingkungan sekitar.

Sedangkan Field Manager PEP Jambi, Hermansyah menjelaskan bahwa sumur PPS-01 adalah sumur produksi yang sedang dilakukan pekerjaan perawatan sumur (well service)sebagai upaya untuk meningkatkan produksi minyak dari sumur tersebut.

“Saat ini kami masih melakukan investigasi menyeluruh atas kejadian ini, namun dapat kami pastikan bahwa api telah berhasil teratasi dan monitoring lokasi pun terus dilakukan, tidak lupa kami ucapkan terima kasih kepada Pemda Muarojambi yang turut memberikan bantuan satu unit fire truck untuk proses pemadaman ini”, terang Hermansyah.

 

 

Tag:
comments