Bambang Soesatyo: Pemerintah Perlu Bantu UMKM
search

Bambang Soesatyo: Pemerintah Perlu Bantu UMKM

Zona Barat
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Foto: Istimewa)

Politeia.id- Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendorong pemerintah untuk terus menjalankan stimulus ekonomi dan program digitalisasi Usaha Kecil, Mikro, dan Menengah (UMKM) secara optimal. Hal tersebut diutarakan Bambang menyikapi dampak yang dialami sektor UMKM saat pandemi Covid-19.

"Setiap program digitalisasi juga memanfaatkan platform-platform digital secara maksimal, khususnya dalam pemasaran online/daring dan proses pembayaran secara digital," ujar Bambang di Jakarta, Selasa (13/10).

Bambang juga mendorong pemerintah untuk berkomitmen bahwa UMKM merupakan sumber perekonomian yang cukup besar bagi negara. Pemerintah kata Bambang perlu membantu UMKM untuk meningkatkan nilai tambah produknya agar memiliki daya jual yang tinggi dan tidak kalah saing dengan kualitas produk impor.

"Melakukan inovasi, baik kemasan dari produk UMKM, kualitas sesuai standar kesehatan, dan informasi unsur pendukung produknya," katanya.

Pemerintah kata Bambang harus mengedukasi pelaku UMKM agar dapat menyesuaikan diri atau cepat adaptif dengan kondisi pandemi saat ini, agar pelaku UMKM dapat dengan sigap memanfaatkan peluang permintaan dari domestik maupun luar negeri dengan protokol atau standar kesehatan yang berlaku.

"Mendorong perbankan, dalam hal ini Himpunan Bank Milik Negara/Himbara, untuk dapat terus meningkatkan dan memperbanyak penyaluran kredit terhadap UMKM baru di sektor riil, dikarenakan sejumlah UMKM juga memerlukan tambahan modal dalam meningkatkan usahanya," tukasnya

Tag:

comments