Berikut Ini Laporan Covid-19 Yang Ditampung Diklat Kemendagri di 11 Lokasi
search

Berikut Ini Laporan Covid-19 Yang Ditampung Diklat Kemendagri di 11 Lokasi

Zona Barat
Gedung Kemendagri. (kemendagri)

Sejak Maret lalu, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah menyiapkan Gedung Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) di sejumlah wilayah di Indonesia sebagai tempat isolasi pasien positif virus Korona jenis baru atau covid-19.

Penggunaan Balai Diklat ini dalam rangka menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait pemanfaatan gedung tersebut. Tak ayal, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian langsung memerintahkan untuk memanfaatkan gedung-gedung Balai Diklat yang ada.

Data terkini per tanggal 18 April 2020, yang sudah digunakan untuk isolasi sebanyak 11 lokasi, yakni;

1. BPSDM Provinsi Bali

Yang sudah diisolasi ada 107 orang dan setelah diperiksa negatif corona kemudian dipebolehkan pulang.  Saat ini masih stanby menunggu kedatangan tenaga kerja migran lainnya.

2. BPSDM Provinsi Maluku

Sudah digunakan untuk isolasi 19 orang dan setelah 14 hari dinyatakan negatif corona dan diperbolehkan pulang.  Saat ini masuk lagi 4 orang yang sedang isolasi.

3. BPSDM Provinsi Gorontalo

Sudah digunakan untuk isolasi sebanyak 8 orang TKI dari Jepang dan setelah 14 hari isolasi dinyatakan negatif,  kemudian  diperbolehkan pulang.  Saat ini tinggal 1 orang yg sdg isolasi yaitu yang dari Amerika.

4. BKPSDM Kota Semarang

Sudah digunakan untuk isolasi 4 orang dan setelah isolasi 14 hari dinyatakan negatif kemudian  diperbolehkan pulang. Saat ini ada lagi 8 orang yang sedang isolasi.

5. BPSDM Provinsi Sulawesi Utara

Saat ini sedang digunakan untuk isolasi ODP sebanyak 33 orang, diluar tenaga medis. Dan tetap stanby jika  ada penambahan.

6. PPSDM Regional Bukittinggi

Sudah digunakan untuk isolasi mandiri sebanyak 39 orang dari Kab Tanah Datar,  dan sekarang  sudah pulang.  Saat ini sudah siap dan stanby 33 tenaga medis untuk persiapan tahap berikutnya yang dikoordinasikan dengan  Pemprov Sumbar.

7. BPSDM Provinsi Jawa Barat

Sudah digunakan untuk 33 orang OTG & ODP yang berasal dari tenaga medis, dan akan menyusul pasien lainnya

8. BPSDM Provinsi Kalimantan Selatan

Saat sedang digunakan untuk isolasi PDP sebanyak 25 orang, dan stanby untuk penambahan ODP ataupun PDP lainnya.

9. PPSDM Regional Yogyakarta

Mulai sedang digunakan untuk isolasi tenaga medis, tahap pertama 8 orang masuk pada tanggal 16 April 2020 dan tahap berikutnya menyusul.

10. BPSDM Provinsi Sulawesi Selatan

Per tgl 18 April 2020, sudah digunakan untuk isolasi 11 orang  OTG Positif Covid-19. Mereka para  Santri yang  baru dipulangkan dari pesantren di Pulau Jawa.

11. BPSDM Provonsi Sumatera Barat

Per tgl 18 April 2020, sudah digunakan untuk transit/isolasi perantau Minang dari Tangerang,  berasal dari Kab. Solok berjumlah 114 orang, yang akan diperiksa oleh tim medis apakah ODP atau PDP.

Yang akan segera digunakan :

1. BPSDM Kemendagri di  Bogor yang saat ini persiapan renovasi  sebagian untuk RS Darurat Covid-19 Pemkab Bogor

2. BPSDM Provinsi lainnya prinsip sudah siap, tinggal nunggu perintah lebih lanjut dari masing-masing Kepala Daerah.

Tag:

comments