Pemerintah Dinilai Bohongi Publik soal Penggabungan Kemenristek-Kemendikbud
search

Pemerintah Dinilai Bohongi Publik soal Penggabungan Kemenristek-Kemendikbud

Zona Barat
Wakil Ketua Fraksi PKS DPR RI, Mulyanto. Foto: Politeia.id/PKS.id

Politeia.id -- Anggota Komisi VII DPR Mulyanto menuding pemerintah melakukan kebohongan publik terkait penggabungan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) dengan Kemendikbud. Faktanya, kata Mulyanto, pemerintah tidak melakukan penggabungan dua kementerian di atas selain menggabung nama menjadi Kemendikbud-Ristek.

"Seolah dengan penggabungan nama tersebut sudah terjadi penggabungan Kemenristek ke dalam Kemendikbud. Padahal sesungguhnya yang terjadi adalah pembubaran Kemenristek," kata Mulyanto dalam keterangannya, Kamis (16/9).

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini mengatakan, pascapenggabungan dua kementerian, Kemendikbud-Ristek tetap hanya mengurusi riset di perguruan tinggi. Persis sama seperti sebelumnya, saat sebagai Kemendukbud.

Menurutnya, Kemendikbud-Ristek tidak punya kewenangan dalam perumusan dan penetapan kebijakan; serta koordinasi pelaksanaan kebijakan ristek secara nasional.

"Jadi pasca penggabungan Kemenristek kedalam Kemendikbud menjadi Kemendikbud-Ristek, fungsi Kemenristek hilang tidak masuk dalam fungsi Kemendikbud-Ristek," ujarnya.

Sebelumnya, lanjut Mulyanto, Kemenristek memiliki fungsi perumusan dan penetapan kebijakan, koordinasi pelaksanaan kebijakan, serta pengawasan dan evaluasi pembangunan riset dan teknologi. Kini fungsi-fungsi itu tidak ada dalam Kemendikbud-Ristek. Adapun Kemendikbud-Ristek pascapenggabungan hanya mengurusi kegiatan riset di Perguruan Tinggi, yang secara umum sejak dulu menjadi fungsi Dirjen Dikt.

Mulyanto menambahkan, sebagaimana terungkap dalam Rapat Dengar Pendapat Komisi VII DPR RI dengan Kepala BRIN, Selasa, (14/9), diketahui bahwa penggabungan Kemenristek ke dalam Kemendikbud, sebenarnya hanya kamuflase saja.

Dia menyebut, tugas dan fungsi Dirjen Dikti-Ristek pasca penggabungan tidak berbeda secara signifikan dengan tugas dan fungsi Dirjen Dikti sebelum penggabungan.

"Bisa dibilang ini sebuah kebohongan publik. Hanya akal-akalan Pemerintah saja. Karena secara substansial tidak ada penambahan fungsi apa-apa terkait Ristek dalam Kemendikbud-Ristek," jelas Wakil Ketua Fraksi PKS DPR ini.

Karena itu, lanjut Mulyanto, frasa {Ristek" dalam Kemendikbud-Ristek ini hanya sebagai pemanis saja agar terkesan kementerian baru ini sebagai penggabungan dari Kemendikbud dan Kemenristek. Padahal secara fungsional, sebenarnya yang terjadi adalah murni pembubaran Kemenristek.

Alih-alih dimasukkan ke dalam Kemendikbud-Ristek, fungsi-fungsi dari eks Kemenristek justru masuk menjadi fungsi BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional).

"Ini benar-benar sebuah akrobatik dalam penyusunan kelembagaan Iptek nasional," tegas Mantan Sekretaris Kementerian Riset dan Teknologi ini.

Untuk diketahuim resmi Membentuk Kementerian Investasi pada 28 April 2021. Pada saat yang bersamaan Kementeriaan Ristek secara resmi dinyatakan digabung ke dalam Kemendikbud menjadi Kemendikbud-Ristek.

Sementara itu, BRIN menjadi Lembaga Pemerintah, yang mandiri. Menristek yang sebelumnya secara ex-officio menjabat sebagai kepala BRIN hilang. Yang tinggal hanya Kepala BRIN.

Tag:

comments