KPK Didesak Tetapkan Azis Syamsuddin sebagai Tersangka Kasus M Syahrizal
search

KPK Didesak Tetapkan Azis Syamsuddin sebagai Tersangka Kasus M Syahrizal

Zona Barat
Ketua Tim Task Force Forum Advokat Pengawal Pancasila (FAPP), Petrus Selestinus. (Foto: Ist)

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) didesak menetapkan Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin sebagai tersangka dalam dugaan suap penanganan perkara dengan terdakwa Wali Kota Tanjungbalai nonaktif, M. Syahrial.

Hal ini ditegaskan advokat Peradi, Petrus Selestinus. Menurutnya, fakta-fakta hukum dalam persidangan terdakwa M. Syahrial di Pengadilan Tindak Pidana Kourpsi (Tipikor) Medan, Sumatera Utara semakin memperjelas peran dan keterlibatan Azis Syamsuddin, M. Syahrial dan Robin Pattuju untuk merintangi atau menggagalkan penyidikan dugaan korupsi suap M. Syahrial di KPK.

"Juga diperoleh fakta persidangan adanya kesepakatan M. Syahrial membayar uang sebesar Rp1,5 miliar kepada Robin Pattuju untuk menghentikan penyidikan," kata Petrus dalam keterangannya, Jumat (3/9).

Selain itu, lanjut Petrus, jika dihubungkan dengan fakta dimana ketika penyidik KPK melalukan penggeledahan di kantor Wali Kota Tanjungbalai, ternyata penyidik KPK gagal memperoleh bukti-bukti yang diinginkan. Diduga, kata Petrus, rencana penggeledahan telah bocor terlebih dahulu atas peran Robin Pattuju.

"Fakta lain, berdasarkan hasil penelusuran dan putusan Dewas KPK, terungkap bahwa Robin Pattuju juga menerima uang dari Azis Syamsuddiin,sebesar Rp3.150. 000. 000. Uang itu diduga untuk menghentikan perkara Lampung Tengah terkait dengan Alisa Gunado meskipun dibantah Azis Syamsuddin," tegasnya.

Menurut Petrus, dari uraian surat dakwaan M. Syahrial dan keterangan sejumlah saksi di persidangan, serta hasil pemeriksaan Dewas KPK terhadap Robin Pattuju, terdapat persamaan fakta-fakta yang mengungkap beberapa peristiwa pidana korupsi yang melibatkan Azis Syamsuddin. Yaitu suap, permufakatan jahat untuk menghentikan penyidikan perkara korupsi dan larangan bagi penyidik KPK bertemu dengan pihak yang perkaranya sedang diperiksa KPK.

"Sebagaimana fakta-faktanya telah terungkap dalam persidangan dan dalam putusan Dewas KPK, maka pimpinan KPK harus segera memastikan tentang status dan tahap pemeriksaan Azis Syamsuddin," ungkapnya.

Menurut Petrus, status dan tahap pemeriksaan yang dimaksud yakni dari tahap penyelidikan ditingkatkan ke tahap penyidikan. Juga status pemeriksaan dari saksi ditingkatkan menjadi tersangka disertai dengan penahanan, mengingat masa cekal Azis Syamsuddin akan segera berakhir,

"Juga publik menaruh perhatian yang tinggi terhadap kasus Azsis Syamsuddin karena jabatannya sebagai Wakil Ketua DPR RI," pungkasnya.

Tag:

comments