Cobaian Gelato, Ini Perbedaannya dengan Eskrim
search

Cobaian Gelato, Ini Perbedaannya dengan Eskrim

Zona Barat
Ilustrasi gelato (Istimewa)

Politeia.id -- Gerai gelato instagrammable kini bertebaran di mana-mana. Tak heran, gelato saat ini menjadi jenis dessert favorit. Namun banyak penggemar gelato yang masih menyebut kudapan yang satu ini sebagai es krim gelato padahal keduanya berbeda.

Memang kalau dilihat dari segi rasa dan tekstur keduanya mirip. Namun dalam hal bahan, cara pembuatan, dan kandungannya, es krim dan gelato sebenarnya berbeda. Lalu apa saja perbedaan gelato dan es krim?

1. Es krim berasal dari Tiongkok, sedangkan gelato dari Italia

Asal muasal es krim sebenarnya belum diketahui secara pasti. Namun, menurut catatan paling tua yang bisa ditemukan, es krim sudah mulai dibuat di Tiongkok pada zaman kerajaan kuno dari bahan susu kerbau, tepung, dan es.

Sementara itu, gelato berasal dari Italia. Nama gelato berasal dari bahasa Italia yang artinya "beku". Ada versi yang menyebutkan bahwa gelato pertama kali dibuat di kota Sisilia. Namun versi lain menyebutkan kudapan ini pertama kali dibuat di kota Florence.

2. Gelato pakai lebih banyak susu dibanding es krim

Bahan dasar es krim dan gelato sebenarnya sama, yaitu susu atau krim, gula, dan udara. Perbedaannya ada pada kadar yang digunakan. Untuk membuat es krim maupun gelato, tahap pertama yang akan dilakukan adalah mencampur susu ataupun krim dengan gula. Pada es krim, terkadang kuning telur juga digunakan untuk membuat tekstur lebih lembut.

Selanjutnya, berbagai rasa baru akan ditambahkan. Setelah rasa ditambahkan, maka komponen berikutnya yang akan dimasukkan ke adonan tersebut adalah udara. Udara akan dimasukkan melalui pengadukan.

Di sinilah perbedaan yang mendasar antara gelato dan es krim. Es krim diaduk menggunakan kecepatan tinggi, sehingga udara lebih banyak masuk dan adonan lebih mengembang. Sementara itu, gelato diaduk dengan kecepatan rendah.

Karena itu, kandungan udaranya lebih sedikit. Es krim mengandung lebih banyak udara dan lemak sedangkan gelato memiliki lebih sedikit udara namun lebih banyak susu.

3. Es krim lebih berlemak dari gelato Kandungan krim dan kuning telur yang digunakan oleh es krim membuatnya lebih banyak mengandung lemak dibanding gelato. Namun gelato umumnya memiliki lebih banyak gula dibandingkan es krim.

4. Gelato miliki tekstur yang lebih halus daripada es krim

Tekstur gelato lebih halus tapi rasanya lebih pekat jika dibandingkan es krim. Es krim rasanya lebih ringan karena ia mengandung lebih banyak lemak sehingga lemak tersebut terlebih dahulu menyelimuti lidah dan membuat rasa tidak cepat sampai ke ujung-ujung saraf di lidah.

5. Penyajian gelato dan es krim biasanya berbeda

Gelato biasanya disimpan di suhu yang lebih tinggi daripada es krim. Selain itu, gelato umumnya diambil menggunakan sendok lebar berbentuk datar untuk mempertahankan tesktur lembutnya.

 

Tag:

comments