Rumah Kebudayaan Nusantara Gelar Lomba Video Kreatif, Rawat Kebhinekaan
search

Rumah Kebudayaan Nusantara Gelar Lomba Video Kreatif, Rawat Kebhinekaan

Zona Barat
Konferensi pers lomba video kreatif Rumah Kebudayaan Nusantara, Selasa (22/6/2021). Foto: MP

Politeia.id -- Rumah Kebudayaan Nusantara (RKN) menggelar lomba pembuatan video kreatif dalam rangka memperingati hari kelahiran Pancasila di bulan Juni.

"Lomba ini sebagai wadah untuk menjaga dan memelihara budaya nusantara sebagai jati diri, identitas dan kepribadian bangsa dalam arus perubahan global," kata ketua panitia lomba, Sebastianus Salang saat ditemui di Kantor RKN, Jakarta Selatan, Selasa (22/6).

Menurut Sebastian, sejak dibuka pendaftaran pada 17 Mei 2021 dan berakhir 17 Juni 2021, jumlah video yang masuk mencapai 433 video. Video tersebut berasal dari peserta dari beragam daerah di seluruh Indonesia.

"Sehingga tiap peserta baik perseorangan maupun kelompok bisa menuangkan gagasan kreatif dalam bentuk video pendek berdurasi 2-5 menit, berupa video animasi, dokumenter, atau video vlog," kata Sebastian

Adapun kategori tema lomba adalah menanggulangi hoaks, merawat keberagaman, pengalaman di masa pandemi dan menjaga Lingkungan.

Proses penyeleksian dilakukan terhadap 433 video kiriman peserta sehingga tidak menyimpang dari ketentuan lomba. Yakni video merupakan karya baru, belum pernah dilombakan, original, bukan hasil jiplakan dan atau mengambil sebagian hak cipta orang lain.

"Semua karya akan dinilai oleh dewan juri yang terdiri atas para pakar media dan broadcaster dari stasiun televisi nasional," jelas Sebastian.

Dia menerangkan, dari 433 video kiriman peserta, sejumlah 266 video lolos seleksi. Selanjutnya, seluruh video yang lolos seleksi akan diupload ke channel Youtube RKN. Unggahan ke channel Youtube RKN tersebut sekaligus untuk membuktikan karya peserta tidak melanggar ketentuan lomba.

"Nantinya akan dinilai publik sebagai video dengan jumlah viewer terbanyak selama satu bulan," jelas Sebastian yang berasal dari Nusa Tenggara Timur ini.

Menurut Sebastian, penentuan juara ditetapkan melalui banyaknya views dari karya peserta yang diupload di Channel Youtube RKN. Termasuk penambahan jumlah subscriber, like serta comment pada video tersebut.

Dia menjamin, pemenang lomba akan mendapat hadiah menarik seperti uang tunai jutaan rupiah.

Sebastian berharap, lomba ini mampu menumbuhkan semangat keberagaman, menghargai lingkungan, bangkit dan pandemi Covid-19 dan mengamalkan nilai Pancasila.

"Ini agar generasi muda kita tetap kreatif dan mampu merawat keberagaman," pungkas Sebastian

Tag:

comments