Presiden Jokowi Targetkan Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Selesai 2022
search

Presiden Jokowi Targetkan Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Selesai 2022

Zona Barat
Presiden Joko Widodo meninjau perkembangan pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Selasa (18/5). Foto: Politeia/Setkab.

Politeia.id -- Presiden Joko Widodo meninjau perkembangan pembangunan infrastruktur Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Selasa (18/5). Jokowi berharap pengerjaan konstruksi Kereta Cepat Jakarta-Bandung bisa selesai pada 2022.

"Saya melihat progres sampai hari ini, tadi dilaporkan pada saya telah selesai 73 persen dan nanti tahun depan awal sudah masuk ke persiapan untuk operasi," ujar Jokowi dalam keterangan pers, Selasa.

"Diharapkan nanti di akhir tahun 2022, Kereta Cepat Jakarta-Bandung sudah bisa diujicobakan dan tentu saja setelah uji coba, langsung masuk ke operasional," imbuhnya.

Kepala Negara juga optimis, adanya kereta cepat ini bisa terintegrasi dengan LRT (Light Rail Transit) dan MRT (Mass Rapid Transit) di Jakarta, sehingga lebih efektif dan efisien.

"Kita harapkan ini menjadi sebuah daya saing, menjadi competitiveness bagi negara kita untuk bersaing dengan negara-negara lain," katanya.

Di sisi lain, Jokowi menekankan pentingnya transfer pengetahuan dan teknologi dari pekerja asing kepada pekerja Indonesia dalam proyek ini. Di masa depan, Jokowi mengatakan pemerintah merencanakan pembangunan kereta cepat hingga ke Surabaya.

"Kita berharap dari pembangunan kereta cepat ini ada transfer of technology. Kita harapkan SDM-SDM kita mampu menangkap dan mengambil ilmu dari pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Kita harapkan nanti apabila sudah diputuskan akan diperpanjang sampai ke Surabaya, kesiapan SDM-SDM kita sudah memiliki pengalaman yang Jakarta- Bandung," paparnya.

Adapun dalam peninjauan lokasi proyek hari ini, Jokowi dan rombongan meninjau dua lokasi.

Titik pertama yang ditinjau adalah Casting Yard #1 yang berada di Kelurahan Wangunharja, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi.

Lokasi ini merupakan salah satu fasilitas pendukung produksi dan distribusi box girder yang digunakan sebagai penyusun struktur trase proyek kereta cepat Jakarta-Bandung.

Selanjutnya, Jokowi meninjau Tunnel #1 yang berlokasi di Km 5+500 Tol Jakarta-Cikampek, Kelurahan Jaticempaka, Kecamatan Pondokgede, Kota Bekasi.

Dalam peninjauan, Jokowi didampingi antara lain oleh Duta Besar China untuk Indonesia Xiao Qian, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.*

Tag:

comments