Traffic Internet Naik 49% Selama Lebaran, Menteri Johnny: Saatnya Migrasi ke Ekosistem Digital
search

Traffic Internet Naik 49% Selama Lebaran, Menteri Johnny: Saatnya Migrasi ke Ekosistem Digital

Zona Barat
Menteri Kominfo Johnny G. Plate. Foto: Kominfo

Politeia.id -- Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G. Plate mengatakan bahwa terjadi lonjakan traffic layanan internet selama bulan Idul Fitri 1442 Hijrian tahun ini.

"Ada lonjakan trafik layanan data terjadi lonjakan trafik layanan data sampai dengan 39,7 petabyte atau tumbuh hampir 49% lebih besar dibandingkan Lebaran tahun lalu. Ini tentu semakin sadarnya masyarakat di mana pemanfaatan ruang digital menjadi pilihan yang utama ya kita bersilaturahmi," ungkap Johnny dalam Halal Bihalal yang berlangsung tatap muka terbatas dan virtual di Jakarta, Senin (17/5).

Johnny mengapresiasi seluruh pemangku kepentingan ekosistem di Indonesia dalam penyediaan layanan telekomunikasi selama Ramadan dan Lebaran yang berlangsung baik.

Menurutnya, selama masa libur Idul Fitri silaturahmi masyarakat dapat terus terjalin dan terjaga melalui pemanfaatan teknologi digital.

"Persiapan untuk memungkinkan masyarakat Indonesia itu bisa bersilaturahmi dan berlebaran secara digital kali ini dilakukan dengan baik. Saya tidak mendengar keluhan keluhan berarti ya dari masyarakat terkait dengan pemanfaatan bandwidth di infrastruktur digital nasional," akunya.

Kendati begitu, Johnny mengakui adanya kendala gangguan layanan internet di kawasan Papua.

"Kecuali yang terjadi di Papua, karena putusnya kabel bawah laut di utara Jayapura dalam di kedalaman lebih dari 4.000 meter yang saat ini sedang dilakukan pemulihan transmisi data dari Indonesia Barat menuju Indonesia Timur demikian sebaliknya," tuturnya.

Menteri Johnny mengharapkan penyelesaian jaringan kabel bawah laut serat optik di utara Jayapura tersebut dapat selesai bulan Juni.

Dengan migrasi penggunaan internet yang meningkat, Johnny menyatakan masyarakat telah bermigrasi ke ruang digital. Menjadi tugas Kementerian Kominfo untuk untuk memastikan layanan yang prima terhadap masyarakat agar sukses menjalani transformasi ke dunia digital.

"Tugas kita seluruh insan-insan Kominfo untuk memastikan layanan yang prima terhadap masyarakat. Untuk menyiapkan layanan yang memadai. Amanah yang kita pegang untuk mengelola alokasi anggaran negara demi mempercepat pemerataan infrastruktur digital di seluruh pelosok nusantara," ujarnya.

Program Strategis

Dalam kesempatan sambutan, Johnny memaparkan beberapa program strategis Kominfo yang sudah berlangsung selama 5 bulan terakhir.

"Saat ini memasuki kuartal kedua, ada proyek infrastruktur di seluruh wilayah tanah air, di wilayah 3T. Kita juga sedang mempersiapkan untuk membangun pusat data nasional dalam rangka mendukung elektronik government untuk mendukung satu data Indonesia," paparnya.

Selain itu, Johnny juga memaparkan upaya membangun juga Pusat Monitoring Telekomunikasi agar memenuhi kebutuhan masyarakat akan bandwith layanan telekomunikasi yang memadai.

"Di bawah koordinasi Pak Dirjen PPI agar kita bisa mengatur sehingga lebih memadai lebih seimbangnya antara demand dan supply bandwidth bagi kebutuhan masyarakat," jelasnya.

Tak hanya itu, Johnny juga menyatakan Kementerian Kominfo juga melakukan pelatihan digital melibatkan lebih dari 12,4 juta rakyat untuk membangun talenta digital.

"Agar menghargai antarmasyarakat, agar menghasilkan talenta digital yang memadai untuk mengisi ruang digital yang lebih bermanfaat bagi kita sekalian," paparnya.

Selain itu, Kementerian Kominfo juga mengawal migrasi penyiaran ke penyiaran digital demi peningkatan layanan kepada masyarakat.

"Analog switch sudah di tempat ditetapkan 2 November 2022, karenanya menjadi tugas kita bersama-sama agar yang migrasi ke penyiaran digital juga berlangsung secara sukses," jelas Menkominfo.

Guna menjalankan semua itu, Johnny menyatakan perntingnya kolaborasi semua ekosistem komunikasi dan informatika agar pemanfaaran ruang digital bisa lebih bermanfaat.

"Tugas-tugas besar ini harus kita lakukan di saat yang bersamaan agar pemanfaatan ruang digital kita semakin lebih cerdas semakin lebih cermat semakin lebih bermanfaat. Karenanya kolaborasi kolaborasi yang dilakukan bersama semua ekosistem kita baik operator seluler," katanya.

Johnny pun mengapresiasi seluruh pihak yang telah bekerja sama dalam mendukung transformasi digital dan menjadikan Indonesia terkoneksi.

"Bersama-sama dengan dan tentunya menjadi penting untuk terus membangun komunikasi dua arah yang konstruktif. Demi mengantar masyarakat dalam penggunaan internet dan pemanfaatan teknologi digital," ungkapnya.

Untuk itu, Johnny mengajak civitas Kementerian Kominfo untuk tetap semangat dan meningkatkan profesionalisme.

"(Demi) Kesuksesan agenda akselerasi transformasi digital Indonesia, mari kita pegang amanat amanah-amanah ini untuk kemajuan negara," ujarnya.

Johnny juga mengajak untuk mempertahankan integritas dan meningkatkan inovasi dan kolaborasi guna menyukseskan agenda transformasi digital.

"Bersama-sama kita pertahankan integritas ciptakan lompatan-lompatan besar yang inovatif dan perkuat kolaborasi guna mensukseskan transformasi digital bangsa Indonesia. Kita jadikan semangat hari kemenangan sebagai momentum untuk terus memacu diri guna menjadi pribadi serta membangun bangsa yang unggul menuju Indonesia terkoneksi semakin digital semakin maju," ajaknya.*

Tag:

comments