Foto Jokowi Bersimpuh Sungkem ke Ma`ruf Amin Viral, Begini Faktanya!
search

Foto Jokowi Bersimpuh Sungkem ke Ma`ruf Amin Viral, Begini Faktanya!

Zona Barat
Presiden Jokowi dan Ma`ruf Amin bersalaman seusai menjalani salat maghrib di Masjid Baiturrahman, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, 17 Januari 2019. Foto: Tempo/Instagram.

Politeia.id -- Sebuah foto yang memperlihatkan momen keakraban antara Presiden Joko Widodo dan Wapres KH Ma`ruf Amin viral di media sosial. Foto tersebut diunggah Ustad Yusuf Mansur di akun Instagram dan Twitternya, Jumat (14/5/).

Dalam foto itu, tampak Jokowi duduk bersimpuh sungkem kepada Ma`ruf Amin. Keduanya sama-sama mengenakan baju berwarna putih dan juga kopiah warna hitam.

Selain itu, keduanya, dan juga beberapa pejabat lainnya, tidak mengenakan masker.

Presiden Jokowi yang duduk di karpet, terlihat menundukkan kepalanya untuk menghormati Ma`uf Amin, sosok ulama senior yang sangat dihormati dalam agama Islam.

Secara simbolis, foto tersebut menggambarkan suasana hati penuh kekeluargaan, penghargaan, dan juga keakraban yang dalam.

Ustadz Yusuf Mansyur tidak menyebutkan di mana dan kapan momen keakraban kedua pemimpin itu terjadi. Ia juga tidak menyebut dalam acara apa keduanya bertemu.

"Foto langka menurut saya dengan izin Allah... Ini presiden ke Wapres loh... biar gimana ini potret langka," tulis Ustad Yusuf Mansur.

"Dan pengajaran budi pekerti yang baik sekali... Bismillaah wal hamdulillaah," imbuhnya.

Dari penelusuran, didapatkan fakta bahwa ternyata foto tersebut merupakan foto lama.

Momen tersebut bukan terjadi pada saat Idul Fitri tahun ini. Pasalnya, kedua tokoh melakukan silahturahmi secara virtual pada Kamis (13/5).

Dengan keduanya sedang tidak memakai masker, sudah dipastikan bahwa foto tersebut tidak terjadi pada saat pandemi Covid-19.

Dari penelusuran Politeia.id, ditemukan bahwa foto ini diambil seusai kedua tokoh menunaikan salat Magrib berjamaah di Masjid Baiturrahman, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, 17 Januari 2019. Saat itu Jokowi adalah capres dan Ma`ruf Amin adalah cawapres.

Tempo.co mempublikasikan foto tersebut dalam sebuah judul berita "3 Alasan Ma`tuf Amin Jadi Cawapres Dampingi Jokowi" pada 17 Januari 2019.

Sementara itu, pakar telematika Roy Suryo mengatakan bahwa foto tersebut telah diunggah oleh sebuah media online tahun 2019 lalu.

Roy Suryo pun mengkritik tulisan Yusuf Mansyur yang tendensius karena seolah-olah memperlihatkan bahwa kepatuhan seorang Presiden memuliakan seorang Kyai.

"Memang foto yang bagus. Namun captionnya tidak tepat. Sebenarnya foto tersebut sudah ada lama & diposting sejak 17/01/19 di akun IG & dimuat di media online 21/01/21, sebelum (Maruf Amin) Wapres," tulis Roy Suryo di akun Twitternya.*

Tag:

comments