Penulis Israel Ini Pernah Sebut Indonesia akan Punah
search

Penulis Israel Ini Pernah Sebut Indonesia akan Punah

Zona Barat
Jared Mason Diamond. Foto: Istimewa.

Politeia.id -- Penulis berkebangsaan Yahudi Jared Mason Diamond pernah menyebutkan bahwa Indonesia merupakan salah satu negara yang akan punah di masa depan.

Jared, 83, adalah ilmuwan dan pengarang Amerika Serikat keturunan Yahudi Bessarabia yang dikenal buku-bukunya: The Third Chimpanzee (1991), Guns, Germs, and Steel (1997), Collapse (2005) dan The World Until Yesterday (2012).

Pada tahun 2003, Jared mendapatkan penghargaan Pulitzer, penghargaan untuk para jurnalis dan fotographer yang sudah ada sejak tahun 1917.

Dalam sebuah pidato, Jared menyebutkan bahwa Indonesia adalah satu di antara beberapa negara yang diprediksi bakal punah.

Kepunahan atau berakhirnya sebuah suku bangsa bukan sesuatu hal yang mustahil. Sejarah telah membuktikan bahwa banyak bangsa yang punah.

"Ada beberapa peradaban yang sudah runtuh, seperti Somalia dan Rwanda dan bekas Yugoslavia. Ada juga peradaban yang mungkin dekat dengan keruntuhan, seperti Nepal, Indonesia, dan Kolombia," ujarnya seperti dikutip dari situs TED.

Jared mengatakan bahwa peradaban suatu negara bisa runtuh karena disebabkan oleh faktor yang kompleks dan panjang.

Salah satunya adalah karena perpecahan dan perang saudara yang berkepanjangan dan lama.

Penyebab lain adalah perubahan iklim. Perubahan iklim yang sangat drastis ini bisa saja membahayakan suatu penduduk yang ada di suatu negara, yang menyebabkan kematian dan migrasi ke tempat lain.

Selain itu, kata Jared, permusuhan dengan negara tetangga bisa memicu perang dan berakhirnya teritori sebuah negara.

Dalam kisah keruntuhan bangsa Viking Norse di Greenland pada 1450, misalnya bukan hanya peradabannya saja yang runtuh, tetapi orang-orangnya juga punah.

Kemudian, dalam Upheaval: How Nations Cope with Crisis and Change (2019) Jared menguji apakah berbagai negara dapat meraih pelajaran dari krisis sebagaimana yang dilakukan masyarakat umum.

Negara yang diuji antara lain Finlandia, Jepang, Chili, Indonesia, Jerman, Australia, dan AS.

Isu negara punah atau bubar pernah juga dihembuskan calon presiden Prabowo Subianto pada kampanye Pilpres 2019 lalu.

Dengan merujuk pada ramalan penulis novel Ghost Fleet karya Peter Warrren dan August Cole (2015) Prabowo mengklaim bahwa Indonesia akan punah pada tahun 2030.

Menurut kedua penulis, Indonesia akan punah sebagai akibat dari skenario perang antara AS dan China.

Namun isu tersebut dibantah banyak ahli karena tidak sesuai fakta dan data yang akurat.

Dengan berkembangnya nasionalisme, makin sulit sebuah negara akan punah atau bubar.*

Tag:

comments