Pemerintah Apresiasi Kerja Keras TNI Tanggulangi Covid-19
search

Pemerintah Apresiasi Kerja Keras TNI Tanggulangi Covid-19

Zona Barat
Menko Airlangga Hartarto foto bersama anggota Korps Marinir TNI AL di Markas Komando Korps Marinir TNI Angkatan Laut Jakarta Pusat, Jumat (7/5) pagi. Foto: Politeia/Humas Ekon.

Politeia.id -- Pemerintah mengapresiasi dedikasi dan kerja keras TNI dalam upaya penanggulangan pandemi virus corona (Covid-19). Keterlibatan TNI penting untuk mendisiplinkan protokol kesehatan guna menekan penyebaran Covid-19.

Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto ketika bersilaturahmi ke Markas Komando Korps Marinir TNI Angkatan Laut Jakarta Pusat, Jumat (7/5) pagi.

Dalam kunjungan tersebut Menko Airlangga disambut langsung oleh Komandan Korps Marinir TNI AL Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono.

Pada kesempatan itu, Airlangga mengatakan bahwa dengan adanya sinergi antara pemerintah dan TNI angka penularan Covid-19 bisa dicegah. Hal itu terbukti dengan pergerakan kasus yang mulai melandai sejak Februari 2021.

Meski demikian, pemerintah tetap meminta TNI tetap memantau mobilitas masyarakat karena pandemi Covid-19 belum sepenuhnya usai.

"Upaya menekan kasus Covid-19 ini harus terus dilakukan dengan kedisiplinan kita menegakkan protokol kesehatan 3M (Memakai Masker, Menjaga Jarak, Mencuci Tangan), dan semaksimal mungkin menjauhi kerumunan. Meskipun sudah menjalani vaksinasi, namun jangan sampai kendor," katanya.

Airlangga pun mengatakan bahwa situasi penanganan pandemi saat ini telah membuat kepercayaan masyarakat berangsur pulih untuk melakukan kegiatan ekonomi.

Pemerintah melihat berbagai indikator ekonomi utama terus mengalami perbaikan.

"Saya tegaskan, kita harus tetap optimis dan yakin bahwa segalanya akan berangsur membaik. Insya Allah akan lebih baik dari sebelumnya asal kita tetap waspada dan tidak menyepelekan pandemi. Taatilah protokol kesehatan," ungkapnya.

Sementara itu, Mayjend Suhartono mengatakan bahwa prajurit Korps Marinir mempunyai tingkat kerawanan yang cukup tinggi untuk dapat tertular Covid-19.

Hal itu karena keterlibatan para prajurit secara langsung dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan.

Beberapa diantaranya pendisiplinan PPKM, penanggulangan bencana dan penanganan berbagai kerusuhan massa.

"Prajurit Korps Marinir perlu secara rutin mendapatkan pemeriksaan swab antigen sebagai upaya deteksi dini sebelum dan sesudah melaksanakan tugas. Kehadiran Bapak Menko Airlangga di tempat kami ini menjadi sebuah kehormatan dan kebanggaan sekaligus membangkitkan semangat pengabdian bagi kami," ujar Suhartono.*

Tag:

comments