Istana Bocorkan 2 Menteri Baru yang akan Dilantik Jokowi Pekan Ini
search

Istana Bocorkan 2 Menteri Baru yang akan Dilantik Jokowi Pekan Ini

Zona Barat
Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden Ali Mochtar Ngabalin. Foto: Suara/Net.

Politeia.id -- Pihak istana kepresidenan yang diwakili oleh Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden (KSP), Ali Mochtar Ngabalin mengkonfirmasi bahwa Presiden Joko Widodo akan melantik dua menteri baru paling lambat pekan ini.

Kedua menteri yang akan dilantik, yaitu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud-Ristek), dan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

"Presiden (Jokowi) insya Allah akan melantik menteri baru (1) Menteri Dikbud/Ristek; (2) Menteri Investasi/Kepala BKPM," ujar Ngabalin dalam keterangan tertulis di akun Twitter yang dilihat Politeia.id pada Rabu (14/4).

Adapun Kemendikbud-Ristek adalah penggabungan dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Kementrian Riset dan Teknologi.

Peleburan dua kementrian ini diusulkan Presiden Jokowi kepada DPR dan disetujui 9 April lalu.

Dengan peleburan ini, pemerintah berencana membentuk Badan Riset Inovasi Nasional secara otonom dan berada langsung di bawah presiden.

Sementara itu, Kementrian Investasi adalah salah satu kementrian baru yang diusulkan pemerintah.

Keberadaan Kementerian Investasi sendiri belum diketahui secara pasti, apakah akan menggantikan fungsi dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) yang selama ini mengurusi persoalan investasi.

Namun yang pasti, pemerintah berupaya fokus pada investasi sebagaimana amanat UU Cipta Kerja.

Kendati demikian, Ngabalin belum mengetahui apakah masih ada menteri baru hasil reshuffle yang dilantik Kepala Negara nantinya.

Bagi Ngabalin, pemilihan atau penetapan jabatan menteri merupakan hak prerogatif Presiden.

"Adakah menteri-menteri lain yang akan dilantik, kapan dan siapa para beliau itu? Wallahu`alam bisshowaab itu hak prerogatif Presiden dan kita tunggu saja," papar Ngabalin.*

Tag:

comments