Tangisan Jokowi dan Xanana Gusmao
search

Tangisan Jokowi dan Xanana Gusmao

Zona Barat
Xanana Gusmo dan Jokowi. Foto: Ist

Politeia.id -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat menangis saat melakukan kunjungan ke wilayah terdampak bencana alam badai Seroja di Nusa Tenggara Timur pada Jumat (10/4).

Peristiwa itu terjadi saat Jokowi mengunjungi wilayah Adonara, Kabupaten Flores Timur, salah satu wilayah terparah mengalami kerusakan dan akibat banjir bandang pekan ini.

Momen Jokowi menangis itu terjadi saat Kepala Negara bertemu dengan para pengungsi, sebagaimana diunggah dalam video singkat dari akun Instagram lembatamanisle.

Video singkat itu juga memperlihatkan saat dirinya berusaha mengusap air mata setelah membuka maskernya terlebih dulu.

"Sampe menangis @jokowi. Terima kasih pak de atas kunjungannya," tulis akun tersebut, dikutip Sabtu (10/4/2021).

Selain adegan menangis, aksi Jokowi memberikan jaket merah kepada seorang pemuda di Kabupaten Lembata juga tak luput dari pemberitaan.

Adalah Fransiskus Ade Uran Atawolo, pemuda asal Desa Tapolangu, Kecamatan Lebatukan, Lembata kebagian `kado istimewa` dari Jokowi saat meninjau lokasi bencana alam di Ile Ape.

Di tengah pemberitaan Jokowi menangis dan memberikan jaket merah kepada Fransiskus, tak sedikit netizen membandingkannya dengan mantan Presiden Timor Leste, Xanana Gusmao, yang juga tengah viral karena turun langsung membawa bantuan untuk membantu korban banjir di Dili, Timor Leste.

Melansir pemberitaan media lokal Tatoli.tl, Xanana turun langsung menyalurkan bantuan dari kota hingga ke pelosok. Saat tiba di lokasi ia disambut warga yang sangat antusias dengan kedatangannya.

Ada pula foto warga yang membantu Xanana Gusmao berjalan di tanah becek dengan merangkulnya, serta memayungi pria kelahiran Manatuto, Timor Leste itu.

"Pak Jokowi, masa sampeyan kalah," twit akun Twitter riduan_baco sambil memention akun Twitter @Jokowi.

"Sementara itu Xanana terlihat berkeringat mengangkat sendiri bantuan logistik untuk masyarakat NTT, saudara se-suku....," twit akun @SadmokoHP.

Namun, akun @EwoRahmadi menilai, tiap orang punya cara masing-masing untuk menolong dan bersimpati.

"Tiap orang punya caranya masing-masing dalam menolong dan bersimpati," ujar akun @EwoRahmadi membalas twit akun @SadmokoHP di kolom komentar.

Tag:

comments