Kunjungi Lembata, Presiden Jokowi Doakan Keselamatan Korban Bencana
search

Kunjungi Lembata, Presiden Jokowi Doakan Keselamatan Korban Bencana

Zona Barat
Presiden Joko Widodo. Foto: Politeia/Biro Pers Setkab.

Politeia.id -- Presiden Joko Widodo disambut hangat masyarakat Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur dalam kunjungan kerjanya bersama rombongan Jumat (9/4) pagi.

Di hadapan masyarakat dan pejabat daerah, Presiden Jokowi menyampaikan dukacita yang mendalam atas kematian warga akibat bencana banjir bandang dan tanah longsor akibat hujan deras disertai angin pada Minggu (4/4) lalu.

"Saya, secara pribadi dan mewakili pemerintah, mengucapkan duka yang mendalam atas korban yang ada. Semoga arwahnya diterima di sisi Tuhan, diberikan tempat yang terbaik, dan yang ditinggalkan diberikan keikhlasan dan kesabaran," ungkap Jokowi dalam keterangan pers.

Sampai saat ini, jumlah korban bencana di NTT sudah 163 orang. Masih ada puluhan korban lainnya masih hilang dan sedang dalam pencarian.

Presiden Jokowi memastikan jajarannya bekerja maksimal menangani dan memulihkan bencana secara baik.

Ia juga memastikan agar warga terdampak mendapat layanan kebutuhan secara berkecukupan.

Dalam pada itu, Jokowi juga mendengar masukan dari masyarakat dan pemerintah daerah terkait strategi penanganan dan pemulihan bencana.

"Untuk pengungsian juga sudah dipastikan untuk logistiknya cukup. Hanya tadi ada dari masyarakat menyampaikan bahwa BBM-nya mahal. Saya terima (masukannya)," katanya.

Merelokasi Warga Terdampak

Selanjutnya, Jokowi meminta Gubernur NTT dan Bupati Lembata memfasilitasi masyarakat terdampak agar siap direlokasi menuju lokasi yang aman.

Selain itu, ia memerintahkan BNPB, Basarnas, dan TNI-Polri agar proses evakuasi di medan berbatu dan sulit harus tetap dilakukan.

Di Lembata, Presiden Jokowi melakukan kunjungan ke Desa Amakaka, Kecamatan Ile Ape, salah satu wilayah paling terdampak badai topan.

"Siang hari ini saya berada di Desa Amakaka di mana bencana banjir bandang yang ada di Kabupaten Lembata ini korbannya paling banyak," ungkap mantan Walikota Solo.

Dalam kunjungan ini, Presiden Jokowi didampingi Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Sekkab Pramono Anung, Kepala BNPB Doni Monardo, Kepala Basarnas Henri Alfiandi, dan Bupati Lembata Eliaser Yentji Sunur.

Kepala BNPB Doni Monardo diketahui telah berada di NTT sejak Senin (5/4), antara lain di Adonara, Flores Timur, dan terakhir di Alor.

Selain itu, Menteri Sosial Tri Rismaharini juga sudah terjun ke lokasi bencana untuk meninjau upaya evakuasi dan pemulihan serta penyaluran bantuan.*

Tag:

comments