Terima Kunjungan Panglima TNI, Kardinal Ignatius Minta Umat Kristiani Tidak Takut
search

Terima Kunjungan Panglima TNI, Kardinal Ignatius Minta Umat Kristiani Tidak Takut

Zona Barat
Kardinal Ignatius Suharyo mengimbau umat Kristiani tidak takut mendatangi gereja dalam perayaan Paskah 2021. Foto: Politeia.id/Ryan Putra Perdana

Politeia.id -- Kardinal Ignatius Suharyo mengimbau umat Kristiani tidak takut mendatangi gereja dalam perayaan Paskah 2021. Sebab, perayaan Paskah 2021 mendapat pengawala aparat kepolisian dan TNI.

"Enggak usah takut apa apa. Mari kita (umat Kristiani) datang beribadah seperti biasa, dengaan rasa aman," kata Iganatius di Katedral Jakarta, Kamis (1/4).

Pada Kamis malam, Ignatius menerima kunjungan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto yang meninjau pelaksanaan perayaan Kamis Putih. Kedatangannya disambut baik Mgr Ignatius Suharyo.

Ignatius mengingatkan kepada umat Kristiani agar jangan takut datang ke gereja, asalkan tetap waspada.

"Jangan takut, enggak perlu itu semua dengan catatan hati-hati," ucap Suharyo.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan, kedatangannya untuk memastikan rasa aman kepada masyarakat dalam beraktivitas. Selain itu, hal tersebut merupakan perintah Presiden Joko Widodo.

"Meningkatkan kewaspadaan dan memberikan keyakinan serta rasa aman kepada masyarakat untuk beraktivitas, baik ibadah maupun aktivitas sehari-hari," ujar Hadi kepada wartawan di lokasi, Kamis.

Dia mengatakan, pengamanan dilakukan TNI-Polri disasarkan di gereja, tempat-tempat keramaian, dan objek vital. Menurut Hadi, pihaknya terus berkoordinasi dengan Polri untuk mendeteksi dini terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

"Terus berkoordinasi untuk melaksanakan pencegahan dini terhadap kemungkinan-kemungkinan adanya kerawanan," ucap Hadi.

Hadi melanjutkan, total sebanyak 5.950 personel yang dikerahkan di sejumlah titik di Jakarta untuk melakukan pengamanan.

"5.590 anggota TNI dan Polri di beberapa titik yang kami anggap harus diperkuat untuk pengamanannya," ujar Hadi.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan ada empat gereja yang diberikan pengamanan ekstra pada perayaan Paskah 2021.

Keempat tempat ibadah itu yakni Gereja Katedral Jakarta, Gereja Immanuel, Gereja HKBP Grogol, dan Gereja Katolik Kristoforus di Petamburan.

"Empat skala prioritas ini akan ditempatkan agak lebih banyak pengamanannya," ucap Kombes Yusri di Mapolda Metro Jaya, Kamis (1/4).

Diketahui, pada Minggu (28/3) terjadi aksi bom bunuh diri di depan Gereja Katedral, Jalan Kajaolalido, Makassar, Sulawesi.

Bom bunuh diri itu telah melukai sejumlah jemaat gereja dan sekuriti. Sebanyak 20 orang menjadi korban, baik mengalami luka ringan maupun berat.

Puluhan korban dirawat di empat rumah sakit berbeda di Makassar. Yakni Rumah Sakit Pelamonia, Rumah Sakit Bhayangkara, Rumah Sakit Akademis, dan Rumah Sakit Stella Maris.

Di samping itu, ada dua orang yang tewas. Mereka diduga pelaku bom bunuh diri.

Tag:

comments