Polisi Tangkap Pria Ngaku Bisa Gandakan Uang yang Viral di Medsos
search

Polisi Tangkap Pria Ngaku Bisa Gandakan Uang yang Viral di Medsos

Zona Barat
Tangkapan layar pria di Babelan, Bekasi, Jawa Barat yang sedang menggandakan uang. Foto: Istimewa

Politeia.id -- Polisi mengamankan sejumlah orang yang mengaku bisa menggandakan uang dengan pecahan Rp100 ribu seperti yang tampak dalam video yang tengah viral di media sosial.

Kapolsek Babelan Kompol Gulam mengatakan, pelaku yang ditangkap tersebut berjumlah lima orang dan sudah dilakukan pemeriksaan serta penahanan.

"Iya sudah ditangkap, hari ini penahanan. Berlima sekeluarga," kata Gulam pada Senin (22/3).

Gulam menjelaskan, penangkapan terhadap kelima orang tersebut berdasarkan viralnya video di media sosial dan bukan karena adanya korban yang melapor.

"Ditahan, sementara mencari korban ini kan belum ada korban yang melapor. Kita sementara ada waktu sebentar lagi deh, untuk mencari calon korban yang mau melapor," jelasnya.

"Kadang-kadang orang enggak mau melapor karena kan kerugian kecil. Menurut saya (pelaku) enggak punya keahlian ya, sedangkan orang menjawab-jawab. Kan yang kaya gitu enggak bisa dibuktikan," sambungnya.

Berdasarkan hasil pemeriksaan sementara, pelaku mengaku hanya baru beberapa kali saja melakukannya. Namun, polisi masih menyelidiki itu semua.

"Keterangan dia baru beberapa kali, tapi kan enggak bisa dipercaya ya," jelas dia.

Diketahui, seorang pria berambut panjang (gondrong) sambil mengenakan kopiah dan memangku anak kecil dalam aksi menggandakan uang disaksikan sejumlah orang disekelilingnya.

Dalam video itu, terdapat sejumlah barang yang digunakan untuk proses menggandakan uang seperti kantong plastik warna hitam serta sejumlah kotak. Saat itu, nampak sedikit keluar asap dari dalam plastik yang digunakannya.

Setelahnya, plastik itu pun digulung dan diduduki. Selanjutnya, ia pun membuka kotak yang sebelumnya diisi sebuah kertas berwarna putih.

"Ya Allah, bener tad. Subhanallah," ujar seorang pria dalam video tersebut usai pria berambut panjang itu membuka kotaknya dengan berisi uang dengan pecahan Rp 100 ribu.

Saat itu, pria tersebut langsung mengambil uang dari dalam kotak dan langsung menghamburkannya ke ubin atau lantai di hadapan sejumlah orang.

"Tadi keluar api, nyala, bapak lihat?," tanya pria tersebut kepada orang-orang yang ada dihadapannya.

"Keluar api ustad, ada asepnya, ngelihat," sahut seorang pria.

Tag:

comments