Jaksa Keras di Sidang Rizieq Shihab, Diladeni Kelembutan Hakim
search

Jaksa Keras di Sidang Rizieq Shihab, Diladeni Kelembutan Hakim

Zona Barat
Ilustrasi-- Habib Rizieq Shihab dihadirkan sebagai saksi dalam kasus penodaan agama Basuki Tjahja Purnama (Ahok) pada Selasa, 28 Februari 2017. Foto: detik.com

Politeia.id -- Jaksa Penuntut Umum (JPU) begitu keras saat persidangan Habib Rizieq Shihab di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur, Jumat (19/3).

Jaksa menilai Habib Rizieq tidak kooperatif. Beruntung, hakim bersikap lembut dengan menenangkan Habib Rizieq dan tidak terbawa keinginan jaksa.

Menurut jaksa, mantan Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) itu dianggap menghina jalannya sidang lanjutan kasus kerumunan Petamburan, karenanya jaksa meminta hakim menjerat Habib Rizieq dengan pasal 216.

Habib Rizieq tidak mau menuruti aturan sidang. Saat persidangan virtual digelar, dia tak mau duduk tenang. Jaksa menilai terdakwa menunjukkan sikap nonkooperatif dalam mengikuti proses persidangan dari awal penjemputan di Rutan Bareskrim.

Habib Rizieq berkali-kali menolak hadir sidang secara online.

"Sejak awal yang bersangkutan berkata silakan majelis hakim melanjutkan persidangan tanpa saya, karena saya tidak menghendaki secara online” ujar Jaksa menirukan pernyataan Habib Rizieq.

Hakim menolak tuntutan jaksa. Hakim tetap berupaya meyakinkan Habib Rizieq agar mengikuti persidangan dan menjalani hak-haknya dalam menyampaikan keberatan atas dakwaan.

Hakim memberi waktu hingga Selasa 23 Maret 2021 untuk terdakwa menyiapkan diri menyampaikan pembelaannya.

"Sekiranya jangan masuk ke pasal itu dulu, kita ajak diskusi. Kami beri Habib waktu untuk merenung, berpikir secara tenang, kemudian menggunakan haknya menyampaikan keberatannya hingga Selasa," ujar Hakim Khadwanto.

Diketahui, pada persidangan ketiga Rizieq yang digelar secara online sempat terjadi insiden atau kericuhan kecil. Sama seperti dua persidangan Rizieq Shihab sebelumnya, pihak kuasa hukum bersikeras ingin Rizieq Shihab hadir langsung di persidangan.

Sejumlah kuasa hukum Rizieq Shihab mencoba mendekat ke arah meja jaksa penuntut umum (JPU) sambil menunjuk-nunjuk. Suasana ruang sidang pun mendadak ricuh. Para kuasa hukum terus berteriak-teriak ke arah JPU dan hakim.

"Ini negara hukum. Kalian sudah disumpah," ujar salah satu kuasa hukum, sebagaimana dalam video yang beredar.

"Keluar-keluar. Silakan sidang sama tembok," kata salah satu kuasa hukum, Munarman.

Para kuasa hukum pun akhirnya memutuskan untuk walk out dari persidangan. Para kuasa hukum berkukuh meminta terdakwa Rizieq Shihab hadir dalam persidangan secara langsung.

Tag:

comments