Kartu Prakerja Gelombang 12 Resmi Dibuka, Peserta Dapat BLT Rp3,5 Juta
search

Kartu Prakerja Gelombang 12 Resmi Dibuka, Peserta Dapat BLT Rp3,5 Juta

Zona Barat
Pemerintah secara resmi membuka pendaftaran Prakerja gelombang 12 mulai hari ini (23/2), dengan pendaftar yang lolos sebagai peserta akan mendapatkan BLT Rp3,5 juta. (Foto:Ist).

Politeia.id -- Pemerintah secara resmi membuka pendaftaran Prakerja gelombang 12 mulai hari ini (23/2), dengan pendaftar yang lolos sebagai peserta akan mendapatkan BLT Rp3,5 juta.

Kartu Prakerja adalah program pemerintah untuk pelatihan dan pengembangan keahlian yang selama pandemi diakomodasi juga untuk memberikan bantuan insentif bagi korban pemutusan hubungan kerja (PHK) atau angkatan kerja baru.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan Prakerja gelombang 12 merekrut 600 ribu peserta dengan menggunakan metode semi bansos.

"Program kartu Prakerja gelombang 12 ini saya nyatakan kembali dibuka," ujar Airlangga Hartarto dalam konferensi pers digital, di Jakarta, Selasa (23/2).

Airlangga mengungkapkan manfaat yang diberikan Prakerja tahun 2021 sama dengan tahun lalu mencapai Rp 3,5 juta per peserta. Komposisinya Rp 1 juta dalam bentuk biaya pelatihan online. Rp 2,4 juta insentif dana tunai yang dibagikan masing-masing Rp 600 ribu dalam empat bulan dan biaya survei sebesar Rp 150 ribu.

"Target program ini adalah para pencari kerja yang menganggur, mereka yang kena pemutusan hubungan kerja (PHK), dan wiraswasta pelaku usaha mikro dan kecil yang tutup usahanya karena pandemi Covid-19," terang Airlangga.

Lalu, bagaimana cara melakukan pendaftaran sebagai peserta Kartu Prakerja? Dirangkum dari berbagai sumber, begini cara daftarnya:

Sebelum mendaftar pastikan kalian memenuhi syarat seperti:

- Warga Negara Indonesia (WNI).

- Berusia di atas 18 tahun.

- Tidak sedang melakukan kuliah atau sekolah.

Calon peserta juga sebaiknya memahami tahapan-tahapan untuk mendaftar, sebagai berikut:

- Buka laman www.prakerja.go.id
- Siapkan nomor Kartu Keluarga (KK) dan Nomor Induk Kependudukan (NIK), masukkan data diri, dan ikuti petunjuk untuk menyelesaikan proses pemeriksaan akun

- Siapkan alat tulis untuk mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar secara online

- Klik Gabung pada gelombang daftar Prakerja yang sedang dibuka

- Tunggu pengumuman seleksi peserta yang lolos daftar Kartu Prakerja Gelombang 12.

Tag:
comments