Roy Suryo Angkat Bicara Soal Foto Gunung Gede Pangrango
search

Roy Suryo Angkat Bicara Soal Foto Gunung Gede Pangrango

Zona Barat
Roy Suryo membandingkan foto sebelum diedit (frame kiri) dan setelah diedit (frame kanan) terkait heboh Gunung Gede Pangrango terlihat dari Kemayoran, Jakarta. Foto: Politeia.id Ist

Politeia.id -- Perdebatan di media sosial soal foto Gunung Gede Pangrango, unggahan akun Instagram @wibisono.ari mendapat sorotan dari ahli telematika, Roy Suryo. Menurut Roy, foto tersebut bukanlah tempelan melainkan asli yang diambil oleh fotografer.

"Tweeps, lagi heboh foto karya Ari Wibisono di IG tentang "Foto Gunung Pangrango" yang sangat jelas, seperti bebas polusi. Ini memang bukan Foto "tempelan"," cuit Roy di akun Twitternya, @KRMTRoySuryo2, Kamis (18/2).

Selain foto asli, Roy mengatakan foto tersebut merupakan hasil editing atau retouch dengan lightroom untuk atur clarity, shadow, contrast dan sebagainya.

"Bandingkan foto asli kiri dan hasil edit kanan," jelas Roy.

Diketahui, foto tersebut viral lantaran menunjukan background Gunung Gede Pangrango yang berada di perbatasan Kabupaten Sukabumi dan Cianjur terlihat jelas dari kawasan Kemayoran, Jakarta.

Foto tersebut tampak begitu indah dengan gugusan Gunung Gede Pangrango yang berketinggian 2.958 meter di atas permukaan laut (Mdpl) dan awan di bagian belakang.

Sementara di bagian depan, terdapat jalanan dengan berbagai jenis mobil dan motor.

"Pemandangan Gunung Gede Pangrango di Kamayoran, Jakarta Pusat pagi ini. Menandakan kualitas udara sedang bersih Jakartans," tulis akun @wibisono.ari.

Sontak aja, unggahan tersebut mendapat respons banyak netizen. Hingga sore ini, foto tersebut telah disukai oleh 16.900 orang dan mendapat respons 2.000 komentar netizen.

Yang menarik dan menimbulkan polemik, foto tersebut mendapat tangkapan dari account @arbainrambey. Bahwa foto gunung di belakang jalanan Kemayoran, Jakarta itu adalah tempelan.

Rupanya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria ikut berkomentar terkait perdebatan foto tersebut.

Riza tak setuju dengan pandangan orang yang menyebut foto itu adalah editan. Menurutnya, suasana alam Gunung Gede Pangrango yang terlihat lantaran dipengaruhi kualitas udara yang tengah membaik.

"kualitas udara di Jakarta semakin baik, silakan diliat datanya biru. Di Jakarta kualitas udara semakin baik," kata dia di BPBD DKI Jakarta Kamis (18/2).

Menurut Riza, Pemprov DKI kini terus berupaya mengurangi polusi udara di DKI Jakarta. Salah satunya dengan meningkatkan ruang terbuka hijau, mengendalikan emisi transportasi publik, dan sebagainya.

"Tapi sekali lagi kontribusi masyarakat jauh lebih penting. kita sudah mengatur kendaraan dan lain sebagainya," ucap Riza.

 

Tag:

comments