MK Tolak Gugatan Pilkada Manggarai Barat, Edi-Weng Siap Dilantik
search

MK Tolak Gugatan Pilkada Manggarai Barat, Edi-Weng Siap Dilantik

Zona Barat
Tim hukum Partai NasDem bersidang di Mahkmah Konstitusi. Foto: Politeia.id/Orland Roteng

Politeia.id -- Mahkamah Konstitusi (MK) menolak permohonan gugatan sengketa perselisihan hasil pemilihan kepala daerah (pilkada) di Manggarai Barat yang digelar MK secara virtual, Senin (15/2).

Gugatan itu diajukan paslon nomor urut dua yaitu Maria Geong dan calon Wakil Bupati Silverius Sukur.

Putusan MK soal perselisihan hasil Pilkada Manggarai Barat ini tertuang dalam putusan bernomor 50/PHP-BUP-XIX/2021.

Putusan tersebut merupakan hasil rapat musyawarah sembilan hakim konstitusi terdiri hakim ketua Anwar Usman, Aswanto, Suhartoyo, Daniel Yusmic, Arief Hidayat, Enny Nurbaningsih, Manahan MP Sitompul, Saldi Isra dan Wahiddudin.

Pada sidang putusan dismissal (penelitian gugatan) tersebut, MK menilai pemohon tidak memiliki kedudukan hukum. Dengan demikian, permohonan untuk membatalkan keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manggarai Barat yang menetapkan pasangan calon nomor urut 3 Edistasius Endi dan Yulianus Weng sebagai pemenang pilkada tidak dapat diterima.

"Menyatakan pemohon tidak memiliki kedudukan hukum. Dalam pokok permohonan menyatakan permohonan pemohon tidak dapat diterima," kata Ketua MK Anwar Usman.

Menanggapi putusan ini, Kepala Desk Pilkada Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Nasdem Hermawi Taslim menilai keputusan MK sudah tepat.

Pasalnya kata Taslim, selisih perolehan suara kedua pasangan tersebut di atas ambang yakni 1,5 persen dari ketentuan yang ditetapkan oleh Undang-Undang (UU) Pilkada.

"Dengan kemenangan Edi Endi yang juga ketua DPD Nasdem Manggarai Barat, maka kami akan berkonsentrasi untuk mempersiapkan pelantikan agar Edi Endi bisa segera bekerja menunaikan program kerja yang telah dijanjikan dimasa kampanye yakni menghantar kota Labuan Bajo sebagai destinasi wisata terkemuka di dunia," kata Taslim kepada wartawan.

Taslim menegaskan, pihaknya akan mengerahkan seluruh potensi yang dimiliki untuk membangun sarana dan prasarana yang berkelas internasional untuk memastikan kenyamanan para pelancong yang berkunjung ke Manggarai Barat.

"Kami juga sudah membangun jaringan dengan berbagai biro wisata besar di tanah air dan jaringan pariwisata Internasional untuk mewujudkan Labuan Bajo sebagai destinasi wisata terkemuka tingkat dunia," tukasnya.

Sementara Bupati terpilih Edistasius Endi mengucapkan terima kasih kepada paket Maria Geong dan Silverius Sukur yang menggunakan jalur hukum atas keberatannya terhadap KPUD Manggarai Barat.

"Terima kasih kepada para pasangan calon nomor 1, 2 dan 4. Lebih khusus paket Nomor 2 yang telah menggunakan ruang ke jalur MK," ujar pria yang akrab disapa Edi Endi ini kepada wartawan saat dihubungi.

Edi juga mengucapkan terima kasih kepada semua masyarakat Manggarai Barat, para penyelenggara pemilu, aparat keamanan, forum koordinasi pimpinan daerah (forkopimda) dan para wartawan. Berkat dukungan semua pihak tersebut kata Edi, proses pelaksanaan Pilkada Manggarai Barat hingga putusan gugatan di MK berjalan kondusif.

"Prioritas pembangunan Manggarai Barat ke depan yakni pemulihan kesehatan, ekonomi (pertanian), infrastruktur dan pariwisata," tukas dia.

Diketahui, pasangan calon bupati-wakil bupati Edistasius Endi-Julianus Weng (Edi -Weng) peraih suara terbanyak pada Pilkada 2020 lalu yang di usung oleh empat partai politik, yakni Partai Nasdem, Partai Golkar, PKPI dan Partai Bulan Bintang (PBB).

Tag:

comments