Ivan Nestorman Gagas Penampilan 10 Ribu Orang Flores Menuju Flores The Singing Island
search

Ivan Nestorman Gagas Penampilan 10 Ribu Orang Flores Menuju Flores The Singing Island

Zona Barat
Ivan Nestorman. Politeia./id

Politeia.id -- Pemusik neotradisi asal Flores, Nusa Tenggara Timur, Ivan Nestorman telah mengagas acara penampilan 10 ribu orang Flores sebagai Flores Human Orchestra untuk bernyanyi dalam upaya membranding pulau itu sabagai Flores the Singing Island.

Kegiatan Flores the Singing Island didukung penuh oleh Badan Otorita Labuan Bajo Flores (BOPLBF) ini akan digelar pada tanggal 17 Agustus 2021 di 8 Kabupaten di wilayah Flores dengan panggung utama Labuan Bajo.

Ide ini juga diungkapkan Ivan Nestorman saat Menteri  Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengunjungi Labuan Bajo, Manggarai Barat beberapa waktu lalu.

"Ide itu tidak hanya disetujui tetapi juga "di-delapanin`, "di-sembilanin. Panca indra pendengaran perlu dimanjakan dengan musik agar wisatawan menjadi puas. Namun kegiatan itu harus memenuhi protokol kesehatan," kata Ivan Man, meniru ucapan Sandiaga.

Direktur Utama BOPLBF, Shana Fatina mengungkapkan bahwa kekayaan budaya Flores harus terus digaungkan.

Flores oleh etnomusikolog dunia disebut sebagai masyarakat yg mempunyai singing society yang kuat. Kegiatan bernyanyi baik dalam bentuk koor gereja maupun komunitas tradisional sangat terasa di pulau ini.

"Flores sebagai The Singing Island perlu dipertegas dengan kegiatan kegiatan semacam ini. Selain nyanyian 10 ribu orang ini, kita juga akan menggelar Festival Festival koor dan sejenisnya di tahun tahun mendatang," tegas Shana.

Dalam pagelaran Flores the Singing Island ini Bobby McFerrin, vokalis asal Amerika Serikat diharapkan tidak berhalangan hadir.

Masyarakat Flores dihimbau untuk semangat terlibat dalam kegiatan yang mendorong pariwisata di pulau indah tersebut.

Di sisi lain, Ivan Nestorman juga telah meluncurkan 10 buah lagu dalam album baru bertajuk "NTT The Ring of Beauty".

Album ini telah tayang perdana di akun Nestornation Channel.

"Lagu lagu ini akan dirilis per single. Album yang disponsori oleh BOPLF ini mudah mudahan disukai masyarakat NTT," harap Ivan Nestorman.

Tag:
comments