Breaking News: Gempa M5,2 Guncang Alor, NTT
search

Breaking News: Gempa M5,2 Guncang Alor, NTT

Zona Barat
ILustrasi gempa bumi. Foto: Shutterstock/Net.

Politeia.id -- Gempa bumi berkekuatan 5,2 magnitudo mengguncang Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur pada Selasa (19/1) sekitar pukul 12:01 WIB atau 13:01 WITA.

Menurut data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa bumi tersebut berada di 127 kilomter Timur Laut Alor dengan kedalaman sekitar 434 km.

Lokasi gempa berada di titik koordinat 7.48 Lintang Selatan dan 125.36 Bujur Timur.

BMKG mengatakan bahwa menurut hasil pemodelan, gempa berkekuatan sedang itu tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Hingga kini belum ada laporan korban maupun kerusakan akibat gempa bumi yang terjadi.

Gempa bumi dengan kekuatan yang sama juga mengguncang Kabupaten Maluku Barat Daya, Maluku. Guncangan terasa sekitar pukul 14.01 waktu setempat.

"Gempa Magnitudo 5,2, 19 Januari 2021, pukul 14:01:03 WIT, lokasi 7.48 Lintang Selatan (LS), 125.36 Bujur Timur (LT)," demikian keterangan di akun Twitter BMKG, Selasa (19/1).

Menurut BMKG, pusat gempa berada di laut kedalaman 434 kilometer itu terjadi pada 208 km Barat Tiakur Maluku Barat Daya dan 293 km Barat Tiakur Maluku Barat Daya.

Hingga kini, BMKG belum mencatat kerusakan akibat gempa yang mengguncang Maluku Barat Daya.

Sebelumnya, gempa dengan magnitudo 4,9 mengguncang Kabupaten Donggala di Sulawesi Tengah, pada Selasa, sekitar pukul 07:56 WIB.

Pusat gempa berada di darat 67 km timur laut Donggala dengan kedalaman 16 km.

BMKG mencatat, tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Adapun gempa di Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat, sebelumnya telah menewaskan 88 orang. Jumlah tersebut terdiri dari 77 orang dari Mamuju dan 11 orang warga Majene.

Sejumlah bangunan dan perumahan warga rusak akibat gempa. Puluhan ribu penduduk mengungsi ke puluhan titik lokasi pengungsian.

BNPB diketahui telah menyalurkan sekitar Rp4 miliar untuk membantu warga terdampak. Sebanyak Rp2 miliar diperuntukkan bagi Provinsi Sulbar, sedangkan Majene dan Mamuju masing-masing mendapatkan Rp1 miliar.*

Pemerintah terus berupaya membantu korban terdampak dengan menyalurkan bantuan material berupa makanan dan minuman, obat-obatan, genset, pakaian, dan fasilitas lainnya.*

P.S.: Berita ini diperbaharui pada pukul 13:02 WIB dengan penambahan informasi gempa Maluku Barat Daya.

Tag:
comments