Breaking News: Jokowi Tetapkan Listyo Sigit Prabowo Jadi Calon Tunggal Kapolri
search

Breaking News: Jokowi Tetapkan Listyo Sigit Prabowo Jadi Calon Tunggal Kapolri

Zona Barat
Presiden Joko Widodo menetapkan Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo jadi calon tunggal Kapolri. Foto: Antara.

Politeia.id -- Kepala Bareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo menjadi calon tunggal Kapolri yang diajukan Presiden Joko Widodo ke DPR RI menggantikan Idham Azis yang segera pensiun akhir bulan ini.

Hal itu disampaikan anggota Komisi III DPR RI dari Partai Demokrat, Hinca Pandjaitan, Rabu (13/1) siang.

"Resmi: Komjen Listyo Sigit Prabowo menjadi calon tunggal Kapolri," ujar Hinca melalui akun Twitter-nya.

Sigit Prabowo memang disebut-sebut sebagai kandidat terkuat untuk menempati posisi tertinggi di tubuh Polri dari empat jenderal bintang tiga lainnya yang diusung Komisi Kepolisian Nasional.

Selain karena kedekatan personal dengan Jokowi, ia memiliki sederet prestasi membanggakan selama menjabat sebagai Kabareskrim sejak ditunjuk akhir tahun 2019.

Dengan penunjukan tersebut, Hinca berharap Sigit Prabowo bisa memimpin Polri menjadi lebih kuat dan berintegritas.

"Kami tunggu di Komisi III (DPR). Semoga ada banyak gagasan besar yang bapak bawa. Utamanya perubahan yang telah diucapkan dan dikeluhkan berulangkali oleh publik selama ini," tukas Ketua Dewan Kehormatan Partai Demorkat.

Selanjutnya, DPR akan menjalankan proses sesuai dengan ketentuan perundang-undangan dan mekanisme yang berlaku. Tahap pertama yang dilakukan adalah fit and proper test atau uji ketepatan dan kelayakan di Komisi III DPR.

Tahapan tersebut akan diproses selama 20 hari ke depan sejak DPR menerima surat Presiden Jokowi.

Dengan penunjukan ini, Sigit Prabowo akan menjadi Kapolri dari kalangan non-Muslim kedua setelah Jenderal Widodo Budidarmo yang menjabat Kapolri pada periode 1974-1978.

Sigit sebelumnya bersaing empat jenderal bintang tiga lainnya untuk calon Kapolri. Mereka ialah Wakil Kepala Polri Komjen Gatot Eddy Pramono, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Komjen Boy Rafli Amar, Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri Komjem Arief Sulistyanto, dan Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri Komjen Agus Andrianto.

Sigit Prabowo memang mendapat dukungan dari banyak pihak. Ia dianggap sangat layak memimpin Polri di tengah penurunan tingkat kepercayaan publik terhadap lembaga penegak hukum itu.

Mantan Ketua MPR Amien Rais, misalnya, mengatakan bahwa nama Sigit Prabowo sangat diunggulkan untuk memimpin Polri.

"Kalau saya tidak mendahului takdir, saya yakin yang akan dipilih Pak Jokowi itu Kabareskrim sekarang ini, yaitu Pak Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo," ujar Amien dalam video di akun Youtube-nya.

Pendiri Partai Ummat menyebut nama tersebut berdasarkan logikanya sebagai pengamat. Listyo dinilai Amien sebagai sosok yang paling aman, cocok, dan aman dengan Jokowi.

"Kalau saya keliru ya tidak apa-apa, tapi saya yakin ini (Listyo) yang akan dipilih (Jokowi) dan DPR," ujar pendiri Partai Amanat Nasional.*

Tag:

comments